Pages

Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau

Posted by Delina Wednesday, February 27, 2013 0 comments
Bagikan Artikel Ini :

Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau

Rambut sehat
Rambut sehat
Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau-Kita pasti sudah tahu bahwa rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita, sehingga banyak wanita yang berusaha menjaga rambutnya tetap sehat dan berkilau. Namun terkadang kita sering sembarangan menggunakan bahan-bahan dan perlengkapan yang kita gunakan pada rambut. Karena kebetulan saya juga memiliki rambut yang panjang maka saya ingin berbagi sedikit tips untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau

Tips menjaga rambut tetap sehat dan berkilau: 

Memilih shampoo yang tepat

Terkadang kita sering menggunakan sembarangan shampoo tanpa tahu apakah kondisi rambut kita kering, kusam, bercabang atau berketombe. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui jenis rambut kita dan kerusakan apa yang sedang dialami, sehingga kita bisa lebih tepat memilih shampoo yang tepat. Seperti kita ketahui shampoo terbagi dalam beberapa varian diantaranya shampoo untuk mengatasi rambut rontok, untuk menjaga kelembapan kulit, untuk rambut yang berketombe, untuk rambut yang sering diwarnai, dll. Selain itu ada baiknya jika kita menggunakan conditioner sesudah menggunakan shampoo, tapi untuk penggunaan conditioner hanya sebatas pangkal hingga ujung rambut, dan jangan mengenai kulit kepala, karena dapat menutup pori-pori di kepala kita sehingga dapat mengakibatkan timbulnya ketombe. 

Menggunakan vitamin rambut 

Menggunakan vitamin rambut secara rutin akan membantu rambut anda lebih sehat, karena seperti tubuh kita, rambutpun membutuhkan vitamin. Usapkanlah vitamin rambut sesudah keramas pada saat rambut dalam keadaan setengah kering. 

Creambath/hair mask 

Bila anda merasa terlalu berat mengenai biaya untuk creambath/hair mask di salon, maka anda dapat melakukannya di rumah. Cukup dengan membeli creambath yang sesuai dengan kebutuhan kulit kepala anda, dan andapun bisa melakukannya di rumah, dengan bantuan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat, kemudian letakkan dikepala dengan menutupi sekeliling rambut anda, handuk ini yang akan membantu meresapkan creambath yang sudah dioleskan pada rambut. 

 Memilih sisir yang tepat 

Jika anda memiliki rambut panjang, anda akan membutuhkan lebih dari satu sisir, karena pada saat rambut basah usahakan jangan menggunakan sisir dengan gigi yang rapat, karena akan membuat rambut anda mudah rontok, selain itu lebih baik jika membiarkan rambut anda kering secara alami tanpa bantuan hair drying, penggunaan peralatan dengan suhu panas terlalu sering juga dapat membuat rambut anda menjadi kering, termasuk alat catok, dan pengeriting rambut. 

Memilih cat rambut yang memiliki kandungan vitamin 

Bagi anda yang tetap ingin tampil cantik dengan warna rambut yang indah, tidak perlu khawatir rambut anda akan rusak. Anda tetap akan tampil cantik jika anda tetap merawatnya, mulai dari memilih pewarna rambut yang mengandung vitamin, menggunakan shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai, dan tetap menggunakan vitamin rambut khusus untuk rambut yang diwarnai. Mungkin biayanya lebih berat tapi anda akan puas dengan hasilnya karena rambut anda akan tetap sehat meskipun diwarnai. 

Memotong rambut secara rutin 

Gunting ujung rambut yang rusak
Gunting ujung rambut yang rusak
Rambut kita tumbuh rata-rata 0,3mm/hari, tetapi kita harus memperhatikan apakah ujung rambut kita sehat ataukah bercabang, jika ujung rambut sudah menunjukkan gejala-gejala rambut rusak segeralah merapikan rambut anda dengan memotong ujungnya, karena ujung rambut yang bercabang dapat menjalar dengan cepat ke rambut yang lain, sehingga kita harus cepat-cepat membuang ujung rambut yang rusak tersebut 

Jangan terlalu sering menguncir rambut

Rambut kitapun butuh untuk bernafas, maka alangkah lebih baik jika rambut lebih sering dibiarkan tergerai, karena terlalu sering menguncir rambut dapat mengakibatkan rambut mengalami patah-patah.

Selain tips di atas, anda juga dapat memakai bahan-bahan alami yang dapat menjaga rambut tetap sehat dan berkilau diantaranya: 

  • Aloevera berfungsi menebalkan dan menghaluskan rambut 
  • Madu berfungsi mengurangi kerontokan rambut 
  • Minyak kemiri dan urang aring berfungsi membantu menghitamkan rambut 
  • Alpukat dan minyak kelapa berfungsi menjaga kelembapan rambut 
  • Kuning telur berfungsi membantu merawat rambut kering dan kusam 
  • Seledri berfungsi menyuburkan rambut 

Demikianlah beberapa penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Selamat mencoba.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau
Ditulis oleh Delina
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://delinadesire.blogspot.com/2013/02/menjaga-rambut-tetap-sehat-dan-berkilau.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru || - Original design by Bamz | Copyright of Delina Desire | Tampil Cantik dan Sukses dengan bisnis online.