Pages

Manfaat dan kandungan nutrisi madu

Posted by Delina Tuesday, February 26, 2013 0 comments
Bagikan Artikel Ini :

Manfaat dan kandungan nutrisi madu

Madu alami
Madu 
Manfaat dan kandungan nutrisi madu-Terkadang kita tidak pernah menyadari bahwa madu ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat pada madu, bisa sebagai obat atau bahkan digunakan untuk kecantikan. Berikut akan saya jelaskan beberapa manfaat madu

1. Memperlancar bagi yang susah buang air besar 

Madu dipercaya sangat membantu bagi yang sering mengalami susah buang air besar, cukup dengan mengkonsumsi setiap hari, karena madu sangat dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Selain itu madu juga dipercaya bisa menjadi obat yang manjur untuk            penyakit diare. 

2. Mencegah penyakit kanker dan jantung 

Didalam madu terkandung senyawa flavonoid yang berguna sebagai antioksidant alami sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker maupun jantung

3. Menjaga pertumbuhan janin bagi ibu hamil 

Madu mengandung banyak asam folfat yang dapat membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga diharapkan sang janin akan sehat dan tidak mengalami cacat, karena selain banyak mengandung asam folfat, madu dipercaya dapat membantu melancarkan pada saat proses kelahiran, maka dari itu bukan hanya ibu hami saja yang perlu tahu, keluargapun harus sering mengingatkan si ibu karena banyaknya kandungan madu yang penting bagi seorang ibu hamil. 

4. Meredakan batuk dan radang tenggorokan 

kandungan nutrisi madu
kandungan nutrisi madu
Madu dapat berperan sebagai demulcents yang akan mengurangi iritasi pada tenggorokan, terlebih pada anak-anak. Madu dipercaya dapat membantu anak-anak yang sedang batuk dapat tidur dengan nyenyak hanya dengan mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur. 

 5. Mengobati luka bakar 

Sejak jaman dulu telah dipercaya bahwa madu dapat digunakan sebagai obat perawatan terutama luka bakar, karena dalam madu terkandung osmolaritas, glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa, yang akan merangsang pertumbuhan jaringan baru dan mempercepat pertumbuhan. Banyak yang meyakini jika tanpa sengaja kaki kita terkena knalpot segera diolesi dengan pasta gigi, namun sebaiknya alangkah lebih baik lagi jika segera diolesi dengan madu. 

6. Mempercantik kulit 

Madu sering sekali digunakan oleh para ahli kecantikan sebagai bahan untuk pembuatan masker karena didalamnya terkandung asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang dipercaya mampu meregenerasi sel kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat dan menghilangkan bekas luka jerawat. 

7. Menyeimbangkan gula darah 

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam madu dipercaya dapat membnatu menurunkan kadar glukosa dan kolesterol dalam darah, karena meskipun rasanya jauh lebih manios dari madu namun kandungan yang didalmnya tidaklah setinggi seperti pemanis buatan lainnya. 

8. Meningkatkan stamina 

Banyak para atlet dan olahragawan yang menggunakan madu sebagai penambah stamina. Terbukti karena madu mengandung zat yang dapat mempertahankan tingkat glikogen dalam tubuh. 

 9. Mengatasi infeksi pernafasan 

Para peneliti telah melakukan penelitian terhadap madu dan menemukan fakta bahwa madu sangat efektif dalam mengatasi infeksi pernafasan seperti bronkitis, alergi, sinusitis, dll. Maka ada baiknya jika anda mengganti gula dengan madu sebagai pemanis. 

10. Memutihkan gigi 

Ternyata madu tidak hanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan, melankan juga dapat digunakan untuk menjaga keputihan gigi. Cukup menggunakannya pada saat anda akan menggosok gigi, caranya dengan menuangkan sedikit madu pada sikat gigi dan dicampur dengan pasta gigi, selanjutnya anda tinggal lakukan seperti biasanya pada saat menggosok gigi. 

11. Membantu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita 

Madu ternyata juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, cukup dengan mengkonsumsi madu secara teratur setiap hari, karena madu dipercaya dapat memperkuat rahim. 

12. Menyuburkan rambut 

Madu sangat berkhasiat untuk menjaga kilau alami rambut dan mencegah kerontokan rambut. Dapat dikonsumsi secara teratur ataupun dicampur dengan air hangat kemudian dibilaskan pada rambut anda.

Demikianlah beberapa manfaat madu yang dapat saya jelaskan, karena sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan kandungan nutrisi madu yang lainnya. Ingin mencoba untuk hidup sehat? Cobalah teratur mengkonsumsi madu setiap hari, karena anda akan mendapat banyak khasiat dari madu, selamat mencoba.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat dan kandungan nutrisi madu
Ditulis oleh Delina
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://delinadesire.blogspot.com/2013/02/manfaat-dan-kandungan-nutrisi-madu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru || - Original design by Bamz | Copyright of Delina Desire | Tampil Cantik dan Sukses dengan bisnis online.